Senin, 02 April 2012

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi | Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli | Ekonomi


Teman , kali ini saya akan membahas pengartian dan konsep dasar ilmu ekonomi yang saya dapat dar salah sati site, semoga kalian menemukan apa yang anda cari


Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomeia. Kata ini sebenarnya terdiri dari dua suku kata yaitu oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan. Dengan demikian arti sesungguhnya dari oikonomeia yaitu mengatur rumah tangga. Rumah tangga di sini adalah dalam pengertian luas, jadi bukan rumah tangga dalam arti sehari-hari.


Rumah tangga ini berarti setiap bentuk kerjasama manusia untuk mencapai kemakmuran atas dasar prinsip ekonomi. Misalnya rumah tangga konsumsi, rumah tangga perusahaan, rumah tangga negara, dll. Kalau kita simpulkan maka ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dalam memenuhi kebutuhannya.

Ilmu pengetahuan ekonomi lahir pada abad ke-18, yaitu pada saat Adam Smith menuangkan dalam “inquiry into the nature and causes of wealth of nations” (tahun 1776), mambahas ekonomi secara sistematis dan bersifat menyeluruh yang dituangkannya di dalam teori-teori ekonomi. Sejak Adam Smith-lah baru masalah ekonomi diuraikan secara ilmu pengetahuan, sehingga ia dianggap sebagai bapak ilmu ekonomi. Pendapat-pendapat tentang ekonomi sebelum Adam Smith belum dapat dianggap sebagai ilmu ekonomi, berhubung pembahasannya belum sistematis dan tidak bersifat menyeluruh.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2135204-konsep-dasar-ilmu-ekonomi/#ixzz1qsyI8cd3

0 komentar:

Poskan Komentar